"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 22 May 2013

Akankah tarif BBM di Android dan iOS sama seperti di BlackBerry?
BlackBerry Messenger (BBM) akan hadir di perangkat berbasis Android dan IOS. Akankah nantinya biaya yang harus ditanggung juga sama besar seperti paket data BIS?

Pengguna perangkat BlackBerry tentunya mengenal apa yang dinamakan BlackBerry Internet Service (BIS). Dengan menggunakan paket data atau data plant BIS, maka banyak fitur seperti internet sampai BlackBerry Messenger (BBM) dapat berfungsi.

Di acara BlackBerry Live 2013, Thorsten Heins selaku CEO BlackBerry menjelaskan bahwa sebentar lagi BBM akan dapat juga digunakan oleh perangkat berbasis Android dan iOS.

Banyak pihak yang menyambut gembira akan kabar ini, walaupun tidak sedikit pula yang memandang sebelah mata saja.

Mengesampingkan pandangan publik akan wacana tersebut, ada satu pertanyaan yang muncul seputar rencana hadirnya BBM di Android dan iOS.
Apakah nantinya tarif paket data yang selama ini ditanggung oleh pengguna perangkat BlackBerry juga sama besarnya dengan yang akan ditanggung oleh pengguna perangkat berbasis Android dan iOS?

Memang, belum ada penjelasan bagaimana sistem yang akan diberlakukan tersebut, namun apabila jawabannya adalah sama, maka sepertinya tidak sedikit pengguna perangkat Android dan iOS yang enggan memakai BBM.

Pemikiran utamanya adalah hanya dengan membayar Rp 9 ribuan saja, maka pengguna perangkat selain BlackBerry dapat menikmati layanan WhatsApp selama setahun.

Sedangkan, apabila sistem penggunaan paket data BBM disamaratakan dengan tarif BIS yang cukup mahal untuk kawasan Indonesia, maka dipastikan pengguna mobile lain akan berpikir dua kali sebelum menggunakannya.

Dikutip dari pelbagai sumber, paket BIS Full Servis Harian saja dipatok harga mulai sekitar Rp 3,5 ribuan sampai Rp 5,5 ribuan. Untuk paket mingguannya mulai dari Rp 17 ribuan sampai Rp 35 ribuan. Dan, untuk paket bulanan Full Servis bisa mencapai Rp 90 ribu per bulan.

Tentunya dengan harga yang relatif tinggi tersebut, walaupun BBM dapat diunduh secara gratis akan tetapi maukah pengguna perangkat Android dan iOS harus menanggung biaya paket yang lebih besar dibanding dengan biaya yang ditawarkan aplikasi sejenisnya?

0 komentar:

Post a Comment