"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 30 May 2013

Keajaiban pulau mengambang di danau India
Danau Loktak adalah danau air tawar terbesar di timur laut India, yang juga disebut sebagai satu-satunya danau terapung di dunia. Hal ini dikarenakan jumlah phumdi yang cukup besar (serangkaian pulau yang mengambang) di permukaan danau.

Phumdi merupakan massa heterogen dari vegetasi, tanah, dan bahan organik pada berbagai tahap dekomposisi yang telah menebal menjadi bentuk padat. Mereka menutupi sebagian besar wilayah danau. Yang terbesar dari massa tunggal phumdi terletak di bagian tenggara danau, dengan luas mencapai 40 kilometer persegi.

Massa ini merupakan phumdi terbesar di dunia dan satu-satunya taman mengambang, yang bernama Keibul Lamjao National Park. Danau kuno ini juga memainkan peran penting dalam perekonomian Manipur. Sebab, Loktak berfungsi sebagai sumber air bagi pembangkit listrik tenaga air, irigasi dan penyediaan air minum.

Danau ini juga merupakan sumber mata pencaharian bagi nelayan pedesaan yang tinggal di daerah sekitarnya dan phumdi, yang juga dikenal sebagai phumshongs. Phumdi digunakan oleh masyarakat setempat untuk membangun pondok, tempat menangkap ikan dan tempat mengais rejeki lainnya.

Para penduduk desa membuat kandang melingkar di dalam phumdi untuk budidaya ikan. Struktur tersebut dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini. Hampir 100.000 orang menggantungkan hidup mereka pada danau air tawar ini.

Sebagaimana dilansir amusingplanet, Danau Loktak memiliki keanekaragaman hayati yang kaya karena memiliki 233 spesies tanaman air. Lebih dari seratus jenis burung hidup di danau tersebut, dan 425 spesies hewan termasuk hewan langka seperti ular piton India, sambar dan Muntjac.

Muntjac atau dikenal sebagai rusa Mastreani, adalah rusa kecil dari genus Muntiacus, sedangkan sambar merupakan rusa besar asli India dan Asia Tenggara.

0 komentar:

Post a Comment