"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 19 June 2013

Lemak jenuh bikin otak rentan kena Alzheimer
Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh ternyata tak hanya bisa membuat Anda cepat gemuk, tetapi juga berbahaya untuk otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh bisa mengurangi zat kimia kunci yang bertugas melindungi otak dari Alzheimer.
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Neurology menunjukkan bahwa lemak jenuh bisa menurunkan jumlah zat kimia apolipoprotein (ApoE) yang bertugas membersihkan protein beta amyloid pada otak. Semakin banyak lemak jenuh yang dikonsumsi, maka semakin banyak juga amyloid yang menumpuk di otak.
Jika ini dibiarkan, maka amyloid bisa membentuk plak pada otak dan mengganggu fungsi saraf. Plak semacam ini banyak ditemukan pada penderita Alzheimer dan ditengarai berkaitan dengan penyebab penyakit otak tersebut.
"Amyloid yang tak dibersihkan dari otak bisa beracun," ungkap peneliti Suzanne Craft, dari Wake Forest School of Medicine, seperti dilansir oleh US News (17/06).
Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 20 manula dengan keadaan otak sehat dan 27 manula dengan masalah kognitif serta tanda-tanda Alzheimer. Mereka diminta untuk melakukan diet yang banyak mengandung lemak jenuh dan tidak.
Melalui penelitian ini peneliti menyarankan agar banyak orang mulai menghindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, serta lebih banyak mengonsumsi makanan yang bisa membuat otak sehat.

0 komentar:

Post a Comment