"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Sunday, 23 June 2013

Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah komputer. Sebagian besar kata-katanya menyiratkan ukuran, kegunaan yang diharapkan atau kemampuan komputer. Sementara itu istilah komputer dapat diterapkan pada hampir semua perangkat yang memiliki mikroprosesor di dalamnya.

Kebanyakan orang berpikir sebuah komputer merupakan perangkat yang menerima input dari pengguna melalui mouse atau keyboard, memprosesnya dalam beberapa mode dan menampilkan hasilnya di layar.

Tahukah kamu berbagai jenis komputer? Yuk kita cari tahu!. Berikut adalah jenis-jenis komputer yang sangat populer dan digunakan untuk memudahkan kerja manusia.

1. PC (Personal Computer)

PC Personal Computer

Komputer pribadi (PC) mendefinisikan sebuah komputer yang dirancang untuk penggunaan umum oleh satu orang. Sejak Mac disebut sebagai PC, kebanyakan orang menghubungkannya dengan istilah sistem yang menjalankan operasi Windows. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer karena jenis komputer tersebut yang lengkap namun dibuat pada skala yang lebih kecil daripada jenis komputer lainnya yang lebih besar dan digunakan oleh kebanyakan orang.

2. Desktop

 Desktop

Sebuah PC yang tidak dirancang untuk mudah dibawa adalah komputer desktop. Sistem desktop adalah jenis komputer yang digunakan di lokasi yang permanen. Kebanyakan desktop menawarkan lebih banyak kekuatan, penyimpanan dan fleksibilitas untuk biaya lebih murah dari jenis komputer portabel lainnya. 

3. Laptop

 Laptop

Laptop disebut juga sebagai Notebook. Laptop adalah komputer portabel yang mengintegrasikan layar, keyboard, perangkat penunjuk atau trackball, prosesor, memori dan hard drive semua dalam paket baterai dioperasikan dengan ukuran sedikit lebih besar dari rata-rata buku hardcover.

4. Netbook

 Netbook

Netbook merupakan ultra-portabel komputer yang lebih kecil dari laptop tradisional. Efektivitas biaya yang jauh lebih murah saat membeli netbook (sekitar $ 300 sampai $ 500) dibandingkan dengan hampir semua laptop baru akan ditemukan di gerai ritel. Namun, komponen internal netbook 'kurang kuat dibandingkan dengan laptop biasa.

5. PDA

 PDA

Personal Digital Assistants (PDA) terintegrasi dengan komputer yang sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk penyimpanan. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh untuk input pengguna. PDA biasanya lebih kecil dari sebuah buku kamus saku, sangat ringan dengan baterai yang wajar. Versi yang sedikit lebih besar dan lebih berat dari PDA adalah komputer genggam.

6. Workstation
 
 </span></b><b><span id=

Tipe lain dari komputer workstation. Workstation hanyalah sebuah komputer desktop yang memiliki prosesor yang lebih kuat, memori tambahan dan peningkatan kemampuan untuk melakukan tugas kelompok khusus, seperti 3D Graphics atau pengembangan permainan. 

7. Server

 </span></b><b><span id=

Sebuah komputer yang telah dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada komputer lain melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor yang kuat, banyak memori dan hard drive besar

8. Mainframe

 </span></b><b><span id=
 
Pada masa awal komputasi, komputer mainframe yang besar dapat mengisi seluruh ruangan atau bahkan seluruh lantai! Saat ini ukuran komputer telah berkurang sementara daya telah meningkat. Anda masih akan mendengar istilah mainframe yang digunakan, terutama di perusahaan besar untuk menggambarkan mesin-mesin raksasa pengolahan jutaan transaksi setiap hari.

9. Supercomputer

 </span></b><b><span id=

Jenis komputer yang biasanya memerlukan biaya ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Meskipun beberapa superkomputer adalah sistem komputer tunggal, sebagian besar terdiri dari beberapa komputer kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sistem tunggal. Superkomputer yang paling terkenal dibangun oleh Cray Superkomputer. 

10. Wearable Computer

  </span></b><b><span id=

Tren terbaru dalam komputasi komputer adalah yang dipakai ditubuh manusia. Pada dasarnya, aplikasi komputer umum (e-mail, database, multimedia, kalender / scheduler) diintegrasikan ke dalam jam tangan, ponsel, visor dan bahkan pakaian. 

0 komentar:

Post a Comment