"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 19 June 2013

Proses penyebaran kanker mirip permainan kejar-kejaran?
Setelah sekian lama, ilmuwan berhasil menemukan cara sel kanker bisa menyebar dan menjangkiti sel sehat dalam tubuh. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Nature Cell Biology ini menunjukkan bahwa proses penyebaran kanker mirip permainan kejar-kejaran.
Ilmuwan menjelaskan bahwa sel kanker akan selalu mengikuti sel tubuh yang masih sehat. Semakin didekati, sel kanker sehat akan selalu menjauhi sel yang telah terkena kanker. Namun, ketika 'lari' dari kejaran sel kanker, sel sehat memproduksi molekul kecil yang justru bisa menarik sel kanker untuk mendekat.
"Kami menggunakan analogi keledai yang tertarik dengan wortel. Keledai akan terus mengikuti wortel di depannya, namun wortel juga semakin jauh setiap kali keledai berusaha mendekat," ungkap ketua peneliti, seperti dilansir oleh Newser (17/06).
Ketua peneliti menjelaskan bahwa hingga saat ini tak diketahui apa yang menyebabkan proses semacam ini berlangsung. Namun dia berharap bahwa hasil penemuan ini bisa digunakan untuk mengembangkan obat yang bisa berkaitan dengan proses 'kejar-kejaran' antara sel sehat dan sel kanker tersebut.
Peneliti juga menemukan bahwa kebanyakan kematian akibat kanker sesungguhnya disebabkan oleh tumor sekunder, bukan tumor utama yang menjangkiti tubuh manusia.

0 komentar:

Post a Comment