"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Monday, 15 July 2013

Konten adalah raja. Ungkapan ini bisa menggambarkan bagaimana peranan penting sebuah konten atau postingan dalam blog kita secara keseluruhan. Konten adalah segalanya karena pembaca mengunjungi blog kita untuk membaca, bukan hanya untuk keperluan lainnya.

Blog bisa diibaratkan juga sebagai manusia dan konten juga bisa diibaratkan sebagai darahnya. Semakin lancar sirkulasi darah dalam tubuh manusia maka kesehatannya akan terjaga. Semakin lancar update konten blog yang kita lakukan maka eksistensi blog kita juga akan terjaga dengan baik.

Update konten blog ini berupa penerbitan artikel yang baru serta pengeditan artikel lama agar relevan dengan perkembangan waktu. Pelaksanaan update blog yang rutin bisa memberikan manfaat yang besar bagi blog milik kita. Salah satu contohnya adalah penyegaran bagi pembaca dalam menikmati setiap bacaan baru dalam blog milik kita. Adapun beberapa manfaat utama dari update konten blog ini antara lain sebagai berikut:

1. Mendapatkan banyak pengunjung dari search engine.

Ketika kita sudah mendaftarkan blog kita di beberapa search engine dan kita sudah memiliki banyak konten dalam blog kita, maka konten yang kita terbitkan dalam blog tersebut akan semakin banyak yang tersebar di beberapa search engine. Jika blog kita memiliki pagerank yang bagus maka peluang setiap konten blog kita muncul di halaman terdepan dalam hasil penelusuran search engine juga akan semakin besar. Sehingga, hal ini akan membuat blog kita selalu mendapat banyak kunjungan baru dari pembaca yang ingin mencari informasi lewat penelusuran search engine.

2. Meningkatkan pageviews dan waktu berkunjung.

Pageviews merupakan jumlah halaman yang dibuka oleh pembaca dalam blog kita. Jika kita sudah memiliki banyak konten yang menarik untuk dibaca, setiap pengunjung pasti akan tertarik untuk membaca beberapa konten lainnya dalam blog milik kita. Hal ini disebabkan pembaca juga ingin memperluas pengetahuan mereka mengenai informasi terkait yang sedang mereka cari dalam blog kita. Misalnya ada pembaca yang mencari informasi tentang air. Selain membaca tentang jenis air, pembaca juga mungkin membaca konten lainnya dalam blog kita tentang manfaat air, cara menjaga kelestarian air, bahaya bencana karena air, dsb.

Semakin banyak dan semakin lama pembaca mengunjungi blog kita akan membuat rata-rata waktu kunjungan pembaca dalam blog kita akan semakin lama. Lamanya rata-rata waktu pembaca dalam mengunjungi blog kita ini akan meningkatkan kualitas dari blog yang kita miliki. Hal ini bisa dilihat dari angka Alexa Traffic Rank dari blog kita yang semakin membaik.

3. Mencegah kebosanan pengunjung.

Blog yang kontennya selalu update tentu akan memberikan kesenang tersendiri bagi pembaca yang mengunjunginya. Alasannya adalah mereka selalu mendapatkan informasi baru dan memiliki rasa kepercayaan yang cukup besar mengenai eksistensi dan kredibilitas blog yang mereka kunjungi tersebut. Pembaca juga tidak akan merasa bosan karena informasi yang diberikan selalu dinamis, bermanfaat, dan akurat.

4. Meningkatkan kreatifitas dan kemampuan menulis.

Semakin banyak kita menerbitkan konten dalam blog yang kita miliki maka daya kreatifitas dan kemampuan menulis kita akan terasah dengan baik. Menulis dan membuat konten postingan blog tentu membutuhkan ide dan gagasan terlebih dahulu. Sehingga, semakin sering kita membuat konten maka kreatifitas kita akan dipacu dan diasah untuk berkembang menjadi lebih baik. Selain itu, kemampuan menulis kita juga akan semakin meningkat karena kita sudah terbiasa untuk membuat tulisan yang menarik dan mudah untuk dibaca.

Update konten blog ini dapat kita lakukan setiap saat selama kita memiliki ide dan waktu luang yang cukup untuk menuliskannya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kita dapat membuat jadwal update konten blog agar lebih disiplin. Baca kembali artikel tentang Manajemen Waktu Blogging.

Update konten blog juga sejalan dengan prinsip yang digunakan oleh Google Panda sebagai algoritma baru Google dalam menelusuri informasi yang relevan berdasarkan kata kunci dan lebih mementingkan pilihannya pada urutan waktu terbit yang terbaru bagi konten sebuah blog. Update konten blog juga akan meningkatkan pagerank dari blog yang kita miliki.

0 komentar:

Post a Comment