"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 16 July 2013

Pada dasarnya blog itu sama saja pengertiannya. Blog bisa dijelaskan secara sederhana sebagai media untuk mempublikasikan konten karya diri kita masing-masing, bisa berupa tulisan, gambar, dan video. Akan tetapi, jika kita melihatnya lebih cermat lagi, kita dapat membagi blog menjadi dua kelompok berdasarkan tema atau topik yang diangkat dalam blog tersebut.


Kedua blog tersebut yaitu blog bertema umum dan khusus. Blog bertema umum adalah blog yang mengangkat banyak tema atau topik untuk dibahas dalam blog tersebut. Blog semacam ini bisa dibilang sebagai blog gado-gado karena cakupan topiknya yang beraneka ragam. Sedangkan blog bertema khusus adalah blog yang memang menyajikan satu jenis topik saja dalam seluruh konten yang dipublikasikan dalam blog tersebut.

Bagaimana perbandingan di antara keduanya?
Berikut ini merupakan perbandingan blog bertema umum dan blog bertema khusus:

Jumlah pengunjung.
Blog bertema umum kebanyakan memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak karena cakupan bahasannya yang lebih luas. Sedangkan blog bertema khusus sebaliknya karena biasanya pengunjungnya berasal dari kita yang memiliki kepentingan dalam bidang yang dibahas dalam blog tersebut.

Cakupan dan detail bahasan materi.
Blog bertema umum tentu memiliki cakupan materi yang lebih luas, tetapi detail penjelasannya sangat minim. Begitu juga sebaliknya dengan blog bertema khusus. Cakupan materinya memang khusus, tetapi materi tersebut biasanya dibahas secara lengkap dan mendalam.

Keahlian blogger dalam bidang.
Bahasan yang diterbitkan dalam blog yang bertema khusus tentu diolah oleh blogger yang memiliki keahlian yang lebih dalam sebuah bidang tertentu daripada bahasan yang diterbitkan dalam blog yang bertema umum.

Loyalitas pengunjung.
Loyalitas pengunjung yang tinggi biasanya ditemukan pada blog yang bertema khusus. Hal ini bisa dijelaskan karena pengunjung merasa menemukan blog panutan yang tepat dalam memberikan mereka informasi yang dibutuhkan. Faktor anggapan blogger yang mengelola blog khusus tersebut adalah lebih tahu dibidangnya akan memberikan sugesti pada pengunjung untuk terus memantau dan mengikuti perkembangan blog khusus tersebut.

Yup, itulah sekilas mengenai perbandingan di antara keduanya. Cukup mencolok bukan?
Ada yang ingin menambahkan?

Akan tetapi, apapun bentuk blog yang kita miliki, jangan sampai adanya perbedaan blog berdasarkan temanya ini mengurangi rasa nikmat kita dalam menjalani aktifitas blogging sehari-hari. Karena pada dasarnya blog itu kita gunakan sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri. Sehingga, kenikmatan dan kepuasan berbagi dapat kita rasakan tanpa harus terdiskriminasi oleh anggapan yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dipermasalahkan. Sip?
Salam blogger!

0 komentar:

Post a Comment