"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Monday, 15 July 2013

Blog yang disusupi malware sangat berbahaya bagi pembaca yang mengunjunginya. Karena dengan malware yang berada di blog tersebut, bisa saja malware yang berada dalam sebuah blog yang kita kunjungi berbalik menyerang komputer yang sedang kita gunakan untuk mengakses sebuah blog yang terkena malware. Akibatnya, komputer kita menjadi bermasalah dan tidak mampu lagi melakukan fungsi kerja secara maksimal.
Malware merupakan sebuah program jahat yang digunakan untuk mendeteksi kelemahan sebuah software atau sistem operasi tertentu. Ketika sebuah blog terkena malware maka sebenarnya blog tersebut sedang diteliti di mana celah kelemahannya. Selain itu, malware juga melakukan aktivitas tertentu yang berbahaya lainnya seperti mengirimkan pesan informasi tertentu mengenai blog kita tanpa sepengetahuan kita sebagai admin.

Sumber penyebab munculnya malware pada blog kita sebagian besar berasal dari penggunaan script yang bermasalah. Pada kondisi tertentu, script tersebut sudah mengandung malware sebelumnya. Sehingga, ketika kita memasang script tersebut di blog kita untuk menampilkan widget tertentu maka secara otomatis malware dalam script tersebut akan menyebar ke dalam blog kita.

Jika blog kita sudah terkena malware maka Google akan memberikan peringat kepada para pengunjung kita jika blog kita tersebut terjangkit malware dan direkomendasikan berbahaya untuk dikunjungi. Adapun gambar peringatan tersebut adalah seperti berikut ini.


Dengan adanya peringatan berbahaya ini tentu akan merusak kredibilitas blog kita yang selama ini baik di hadapan para pembaca setia kita. Situs kita akan kehilangan kepercayaan dan kehilangan pembacanya.

Untuk itu, ada baiknya kita melakukan upaya pencegahan malware mulai dari langkah pemeriksaan apakah blog kita sudah terkena malware atau belum. Langkah untuk mengetahui malware pada blog kita antara lain sebagai berikut:

Pertama kunjungi Google Webmasters Tools.

Setelah masuk, ada tampilan blog yang kita miliki dengan akun tersebut. Klik URL blog yang kita miliki tersebut.

Setelah masuk dasbor, perhatikan bagian diagnostik.


Klik malware/program jahat.

Jika blog kita masih bersih dari malware maka akan muncul pernyataan dari Google seperti Google belum mendeteksi malware apa pun pada situs ini atau Google has not detected any malware on this site. Akan tetapi, jika blog kita sudah disusupi oleh malware maka Google akan memberikan peringatan kepada kita jika blog kita tersebut sudah tersusupi oleh malware.

Malware memang berbahaya dan meresahkan bagi pengunjung blog kita. Salah satu bentuk ketidaknyamanan pengunjung adalah mereka mulai menjadi ragu dengan kredibilitas blog kita yang disusupi malware tersebut. Oleh karena itu, tindakan pencegahan berupa pengecekan berkala cukup penting dilakukan akan blog kita terjamin keamanannya dari segala ancaman buruk yang mungkin belum pernah kita duga dan antisipasi sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment