"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 30 July 2013

Hati-hati! Para wanita yang bekerja di malam hari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan para wanita yang bekerja di siang hari.
Kanker payudara adalah penyebab nomor satu kematian diantara kaum wanita. Penyakit berbahaya ini menyerang 100 dari 100.000 wanita per tahun di negara-negara maju. Setiap tahunnya, lebih dari 1,3 juta kasus baru telah didiagnosis. Di Perancis sendiri tercatat sebanyak 53.000 kasus.
“Penelitian kami telah menguatkan hasil penelitian sebelumnya dan menimbulkan masalah bagi yang mengambil kerja malam hari. Ini sekaligus menjadi pertimbangan dalam manajemen kesehatan masyarakat, terutama karena jumlah wanita yang bekerja di jam malam terus meningkat,” ujar Pascal Guenel, dari INSERM (Institut National de la Sante et de la Recherche Medicale), yang memimpin penelitian ini.
Para peneliti di INSERM menguji pengaruh kerja malam pada kesehatan 3.000 wanita di Perancis antara tahun 2005 dan 2008. Lebih dari 11 persen wanita diantaranya tercatat telah bekerja malam hari selama karir mereka.
Peningkatan risiko ini terutama ditandai pada wanita yang bekerja malam hari selama lebih dari empat tahun, atau pada wanita yang bekerja selama kurang dari tiga malam per minggunya. Hasilnya, hubungan antara kerja malam dan kanker payudara lebih terlihat pada wanita yang pernah bekerja di malam hari sebelum kehamilan pertama mereka.
Penjelasan untuk hasil penelitian ini bisa dilihat pada sel-sel mammae pada wanita sebelum kehamilan pertama mereka.

0 komentar:

Post a Comment