"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Tuesday, 16 July 2013

Bagi sebagian blogger terutama pemula, mereka kebanyakan tidak memperhatikan aspek penting dalam membuat blog yang mudah dikenali oleh pembaca. Karena keterbatasan pengalaman, umumnya mereka membuat sebuah blog hanya coba-coba dan belum menggabungkan beberapa unsur penting untuk menciptakan sebuah blog yang mudah dibaca dan dikenali oleh pengunjung. Mudah dikenali di sini berarti bahwa blog kita akan mudah ditangkap apa topik yang secara umum dibahas dalam hitungan beberapa  detik saja oleh pembaca.

Blog yang mudah dikenali ini sangat penting, terutama oleh pembaca yang baru pertama kali mengunjungi blog kita. Blog yang mudah terbaca akan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Misal pengunjung ingin mendapatkan informasi tentang resep masakan. Jika pada awalnya mereka sudah mengetahui jika blog yang mereka kunjungi adalah blog kuliner yang menampilkan apa yang mereka butuhkan, tentu mereka akan berlanjut untuk menyimak blog kita guna mendapatkan informasi apa yang mereka butuhkan. Jika dalam hitungan beberapa detik mereka sudah kebingungan menyimpulkan topik dan info apa saja yang ada dalam blog kita, maka sudah bisa dipastikan jika mereka tidak akan banyak membuang-buang waktu menyaksikan blog kita yang tidak jelas.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat sebuah blog yang mudah dikenali pembaca antara lain :

Gunakan tampilan template yang mendukung.

Jika blog kita bertemakan kuliner, upayakan untuk menampilkan desain blog bernuansa kuliner. Begitu juga dengan yang lainnya. Jangan sampai kita membuat bingung pembaca dengan menampilkan desain template yang aneh dan tidak relevan dengan topik blog kita. Pada intinya adalah berikan kemudahan bagi pembaca dalam menyimpulkan blog kita dan berikan kenyamanan bagi pembaca dalam menikmati konten dalam blog kita.

Pusatkan pada satu topik.

Pengunjung akan lebih mudah menyimpulkan seperti apa topik yang diangkat dalam blog kita jika kita hanya berpusat pada satu topik. Jangan buat blog yang membahas beragam topik. Karena itu akan membuat pengunjung menjadi bingung. Blog yang hanya satu topik juga akan memberikan sugesti pada pembaca jika kita memang benar-benar menguasai topik yang kita angkat dalam blog kita tersebut.

Blog yang mudah dikenali topiknya oleh pembaca sangat bermanfaat dan mendukung kelancaran kita dalam mengembangkan blog menjadi lebih baik. Bagaimana dengan blog kalian?

Jika ada tambahan mengenai blog yang mudah dikenali topiknya ini oleh pembaca silakan disampaikan lewat kotak komentar ya kawan.
Salam blogger!

0 komentar:

Post a Comment