"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 10 July 2013

Saat puasa, banyak orang yang berusaha sebisa mungkin membekali perut mereka dengan banyak makan saat sahur dan balas dendam saat berbuka. Padahal, cara ini justru akan membebani pencernaan Anda.
Selain itu, justru akan membuat Anda cepat lemas dan malas untuk beraktivitas. Saat sahur sebaiknya melakukan beberapa tips di bawah ini, sehingga Anda tidak akan mudah lapar atau lesu.
1. Minumlah Air Putih
Ada baiknya tidak sahur dalam waktu singkat. Dengan demikian, Anda punya waktu untuk memberi tubuh Anda cairan yang cukup. Minumlah cukup air putih atau jus buah-buahan.
2. Konsumsi Kurma Atau Buah-Buahan
Dibanding makan nasi, tidak ada salahnya lebih banyak konsumsi sayur, buah dan kurma. Makanan-makanan ini memberikan Anda tenaga yang lebih alami dan tahan lebih lama. 2 potong paha ayam bisa memberi Anda nutrisi setara beberapa buah dan sayuran.
3. Makan Perlahan
Makanlah dengan perlahan. Cara makan seperti ini akan membuat Anda lebih menikmati makanan tersebut dan pencernaan akan terserap dengan optimal. Dengan begitu, nutrisi makanan bisa digunakan dengan baik untuk berpuasa seharian.
4. Jangan Tidur Lagi
Agar metabolisme Anda tetap aktif dan lancar, hindari tidur setelah sahur. Tubuh Anda akan bangun dalam keadaan lemas dan mudah lapar bila Anda tidur setelah sahur.
Selama bulan puasa, gaya makan tetap harus dikontrol, karena bila terlalu banyak atau terlalu sedikit makan, malah akan menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini merupakan akibat dari kurang teraturnya pola makan dan asupan yang masuk.
Coba lakukan beberapa tips makan di atas. Selama makanan Anda dalam porsi cukup, sehat dan teratur, maka puasa kali ini akan lebih sehat dan lancar.

0 komentar:

Post a Comment