"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 15 August 2013


Kale merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang sebenarnya masih 'bersaudara' dengan kubis liar. Meski warnanya hijau, ternyata kale adalah sayur dengan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah jeruk. Simak fakta penting lain tentang sayur kale seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.
Vitamin CSatu cangkir kale yang diiris tipis-tipis sudah mampu memberikan 134 persen asupan vitamin C harian yang disarankan. Sementara buah jeruk hanya memberikan asupan 113 persen vitamin C saja.
Asam lemak omega-3Kale juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Seperti yang sudah sering disebutkan, asam lemak omega-3 berperan penting dalam menjaga kesehatan otak, menurunkan diabetes tipe 2, dan menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Vitamin ASelain vitamin C, sayur kale juga memberikan 133 persen asupan vitamin A harian yang disarankan. Jumlah tersebut terbilang lebih banyak daripada jenis sayuran berdaun hijau lain.
KalsiumNutrisi berikutnya yang terkandung dalam sayur kale adalah kalsium. Meskipun tidak bisa dibandingkan secara keseluruhan, namun kale ternyata juga mengandung kalsium yang lebih banyak daripada susu.
OrganikSayangnya, kale termasuk salah satu jenis sayuran yang paling banyak tercemar oleh pestisida. Jadi jika ingin mendapatkan khasiat kale secara maksimal, sebaiknya pilih dan nikmati yang organik.
KombinasiKale mengandung quercetin - senyawa yang menurunkan inflamasi dan mencegah penggumpalan pembuluh darah - dan sulforaphane - komponen pelawan kanker. Namun kedua nutrisi tersebut lebih efektif sifatnya jika kale dimakan dengan makanan lain. Misalnya kombinasi makanan kale dan alpukat, minyak zaitun, atau keju parmesan serta kale dan jus lemon.
Itulah kale, sayur dengan kandungan nutrisi yang jumlahnya lebih banyak daripada makanan bergizi lain.

0 komentar:

Post a Comment