"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 24 August 2013

Jika menyebut kata radio, mungkin pikiran kita akan tertuju kepada sebuah perangkat kuno yang menjadi sumber hiburan sebelum adanya pesawat televisi dan berbagai alat elektonik modern seperti sekarang ini. Namun sejatinya, tanpa radio mungkin kita tidak akan bisa menikmati kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Pasalnya, radio merupakan pencetus komunikasi nirkabel yang mempelopori komunikasi nirkabel lainnya seperti televisi, ponsel, internet, dan lainnya. oleh karena itu, kali ini Paseban akan mengulas secara rinci kisah hidup dari sang penemu radio yaitu Guglielmo Marconi. Seperti apakah kisah hidupnya? Berikut Paseban akan mengulasnya untuk Anda.
Kelahiran dan Masa Kecil
Guglielmo Marconi Lahir pada tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini hanya mendapat pendidikan melalui les privat dari seorang guru. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak dua puluh, Marconi membaca buku tentang percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.
Marconi lantas tergugah dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim data jarak jauh tanpa lewat kawat. Hal ini juga tentu akan menghadirkan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi lain yang tak bisa dijangkau telegram. Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.
Masa Kerja dan Awal Mula Ditemukan Radio
Tahun 1895, hanya setahun setelah ia mulai bekerja, Marconi berhasil memproduksi peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan alat buatannya yang pertama dikirim pada tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup mengirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Di tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.
Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan di tahun 1909 ketika kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio tersebut sangatlah membantu untuk menyelamatkan penumpang kapal tersebut. Hasilnya, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang yang kurang beruntung. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.
Semua berita ini dikirim lewat sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya tumbuh dengan sangat cepat.
Sebuah penemuan yang hak patennya punya harga tinggi dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, rupa-rupa tuntutan lewat pengadilan sirna setelah tahun 1914 ketika pengadilan mengakui hak-hak Marconi. Pada tahun berikutnya, Marconi juga melakukan penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Dia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.
Bukan menjadi terkenal sebagai seorang penemu, namun berbagai jasa Marconi juga sangat bermanfaat untuk perkembangan teknologi yang lainnya. Marconi memang tidak menemukan televisi, tetapi penemuan radionya merupakan pembuka jalan penting untuk pembuatan televisi, sehingga banyak yang menganggap Marconi juga berperan penting dalam pengembangan televisi.
Jelas, komunikasi tanpa kawat memiliki makna teramat penting dalam dunia modern. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk pengiriman berita, untuk hiburan, untuk keperluan militer, untuk penyelidikan ilmiah, untuk tugas-tugas kepolisian, dan lainnya. Penggunaan radio secara besar-besaran sangat tak tertandingi manfaatnya. Teknologi ini bisa mencapai mobil, kapal di lautan, pesawat yang sedang mengudara, bahkan pesawat ruang angkasa. Jelas ini merupakan penemuan lebih penting ketimbang penemuan telepon dan komputer sekalipun karena keduanya juga ergantung kepada sinyal radio.
Marconi memiliki posisi yang sangat penting sebagai penemu lantaran sejumlah besar penemuan yang sudah dilakukannya. Hampir tak ada satu pun daripada penemuan lain yang mengungguli arti penting radio, karena banyak penemuan di dekade sebelumnya bersumber kepada penemuan radio ini.

0 komentar:

Post a Comment