"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Saturday, 24 August 2013

Bagi pengguna internet yang sering melakukan transaksi online, pasti sudah tidak asing lagi dengan situs pembayaran onlne bernama Paypal. Ya, Paypal memang layanan pembayaran online paling aman dan paling populer yang ada saat ini. Hampir semua situs jual beli online menerima pembayaran melalui Paypal. Pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas riwayat hidup pengusaha sukses yaitu Elon Musk. Seperti apakah kisah hidupnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Masa Kecil dan Pendidikan
Riwayat hidup pengusaha sukses Elon Musk kita awali dari segi pendidikan dan masa kecilnya. Elon Musk lahir 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Ia adalah seorang insinyur keturunan Kanada-Afrika selatan dan pengusaha terkenal Sekaligus pendiri dari PayPal, SpaceX dan Tesla Motors. Saat ini beliau adalah CEO dan CTO dari SpaceX, CEO dan Arsitek Produk Tesla Motors dan Ketua SolarCity. Musk terkenal karena telah menciptakan mobil listrik pertama yang diproduksi di era modern (Tesla Roadster), dan menciptakan sistem pembayaran online terbesar (PayPal) yang digunakan di semua negara.
Musk lahir dan dibesarkan di Pretoria, Afrika Selatan, anak dari seorang ibu asal Kanada bernama Maye, dan seorang ayah asal Afrika Selatan bernama Errol Musk. Kakeknya berasal dari Minnesota, dan pindah ke Herbert, Saskatchewan, tempat ibu Musk dibesarkan. Ayah Musk adalah seorang insinyur dan ibunya bekerja sebagai ahli gizi dan model. Musk membeli komputer pertamanya pada umur 10 tahun dan belajar sendiri membuat program. pada usia 12 ia menjual perangkat lunak komersial pertama sekitar $ 500 yaitu sebuah permainan ruang yang disebut Blastar.
Setelah meyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Khusus Laki-laki di Pretoria, dia meninggalkan rumah pada tahun 1988 pada usia 17 tahun, tanpa dukungan orang tuanya dan juga karena wajib militer di Afrika Selatan. Ibunya lahir di Regina, Saskatchewan, Kanada, dan banyak dari keluarganya berada di Kanada barat, sehingga Musk berimigrasi ke wilayah tersebut pada Juni 1989. Dia meninggalkan Kanada pada tahun 1992 setelah mendapatkan beasiswa untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania.
Dari Universitas Wharton School Pennsylvania, ia menerima gelar sarjana, dan tinggal satu tahun lagi untuk menyelesaikan gelar sarjana kedua dalam bidang fisika. Pada tahun 1995, Musk melanjutkan ke program pascasarjana di fisika terapan dan ilmu material di Stanford. Ia sengaja tinggal dua hari sebelum keluar untuk memulai bisnis Zip2, sebuah bisnis konten internet yang menyediakan perangkat lunak konten penerbitan online untuk organisasi berita. Pada tahun 1999, Compaq AltaVista memberi Zip2 dana sebesar US $ 307 juta tunai dan US $ 34 juta pada opsi saham.
Mendirikan Paypal
Pada bulan Maret 1999, Musk mendirikan X.com, sebuah perusahaan jasa keuangan online. Satu tahun kemudian, perusahaan X.com ini bergabung dengan Confinity, yang kemudian menjadi layanan pembayaran terbesar bernama PayPal. Nama X.com diadopsi pertama kali sebagai nama gabungan dari kedua perusahaan ini, tetapi pada Februari 2001, nama X.com diubah namanya ke PayPal Inc.
Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, eBay menyimpulkan PayPal cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online mereka. Sebelumnya, ebay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay walaupun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan. Pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan PayPal.
Akhirnya pada tahun 2002, eBay mengakuisisi PayPal seharga USD 1,5 miliar. ebay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. Banyak pesaing utama PayPal yang akhirnya bangkrut atau dijual, seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, Liberty Reserve, Kagi, dan Moneybookers.
Pada kuartal pertama 2006, total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai USD 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.

0 komentar:

Post a Comment