"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Wednesday, 4 September 2013


Jika Anda pengguna smartphone, bisa jadi Anda bersahabat dengan power bank. Keberadaan power bank memang sangat penting, terlebih lagi bila Anda adalah seorang yang mobile.

Penggunaan power bank, terkadang dapat membantu Anda untuk menambah daya smartphone dengan mudah, namun bagaimana jika power bank Anda rusak? Terlebih lagi, usia power bank Anda masih seumur jagung.

Bagaimanakah cara merawat power bank yang baik agar dapat tahan lama? Berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan power bank dengan baik dan benar, seperti yang dilansir Protechnonews (29/12).

1. Perhatikan kapasitas
Kapasitas power bank haruslah lebih besar minimal 2 kali lipat dari kapasitas baterai. Misalkan baterai Anda 1200mAh, minimal Anda harus membeli power bank minimal dua kali lipat dari kapasitas tersebut. Sebab, pengisian pada power bank apabila terlalu sering juga dapat menurunkan kinerja. Alangkah baiknya jika membeli yang berkapasitas tinggi sehingga dalam satu kali pengisian minimal bisa dua kali pakai.

2. Pengisian power bank
Pengisian power bank haruslah penuh sebelum digunakan. Mengapa? Agar dalam mentransfer energi ke smartphone Anda bisa dengan optimal. Apabila tidak penuh, maka pengisian tidak akan optimal.

3. Hindari senter
Biasanya, ada beberapa power bank yang dilengkapi dengan sistem penerang atau senter. alangkah baiknya, hal ini ditinggalkan karena dapat mengurai banyak daya pada power bank. 

4. jangan sampai jatuh
Power bank didesain sebagai perangkat yang tidak tahan pada bantingan. Sehingga apabila power bank jatuh, biasanya akan secara langsung rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

5. Gunakan power bank seperlunya saja
Apabila Anda masih dapat terhubung dengan listrik, maka gunakanlah charger smartphone Anda untuk pengisian baterai. Jangan terlalu sering menggunakan power bank apabila tidak dalam keadaan darurat. Sebab, tingginya intensitas penggunaan power bank juga dapat mempengaruhi kinerja power bank itu sendiri.

6. Hindari suhu ekstrim
Penyimpanan power bank juga harus diperhatikan. Tidak boleh diletakkan pada tempat yang terlalu panas, juga terlalu dingin. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen baterai. Apabila darurat, maka Anda harus menyiapkan tempat khusus agar suhu pada power bank tetap normal.

Itulah 6 tips yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan power bank Anda awet tahan lama. Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment