"spread the knowledge or teach a science, although only one verse"
Breaking News
Loading...
Thursday, 4 June 2015

Siapa yang tidak tahu jagung manis? Jagung yang menjadi salah satu primadona di dunia sayuran ini memang berbeda dengan jagung lokal yang mulai kehilangan pamornya. Jagung manis terlihat lebih menarik karena lebih segar, bijinya lebih besar, manis, lebih berair dan empuk. Bukan hanya itu, jagung manis juga memiliki lebih banyak manfaat.

Seperti dikutip dari stylecraze.com, lima manfaat konsumsi jagung manis adalah sebagai berikut
  • Mencegah anemia dan meningkatkan energi

    Jagung manis mengandung vitamin B12, zat besi dan asam folat. Kekurangan tiga nutrisi tersebut bisa menyebabkan tubuh mudah terserang anemia, lelah dan tidak bertenaga. Jagung manis juga kaya serat dan karbohidrat sehingga sangat baik menyuplai energi untuk tubuh dan membuat perut kenyang lebih lama.
  • Menjaga kesehatan mata

    Jagung manis mengandung beta karoten yang memproduksi vitamin A yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Beta karoten juga mencegah degenerasi makula atau gangguan mata lainnya.
  • Mencegah diabetes

    Meski manis, namun jagung manis mengandung banyak vitamin B yang berfungsi mengatur metabolisme protein, lemak dan karbohidrat serta  mengatur pelepasan insulin. Jagung manis memiliki indeks glikemik sekitar 58, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Senyawa phytochemical fenolik juga membantu mengontrol hipertensi.
  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

    Jagung manis kaya akan kolagen, yaitu substansi yang dibutuhkan oleh kulit agar permukaan kulit kenyal dan kencang. Bukan hanya itu, jagung manis juga kaya antioksidan seperti vitamin A dan C serta lycopene yang membantu mencegah keriput dan menjaga kulit dari dampak buruk sinar UV. Jagung manis juga mengandung vitamin E serta asam lemak omega 3 dan 6 yang membantu menjaga kilau alami, kekuatan batang rambut dan mencegah rambut rusak.
  • Menurunkan kolesterol

    Jagung manis bahkan mengandung serat larut yang akan menyerap kolesterol berlebih (LDL) dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol tubuh.
Jadi, jika kebetulan suka jagung manis, tidak ada salahnya mengganti nasi putih dengan jagung manis agar lebih sehat.

0 komentar:

Post a Comment